Selasa, 26 Februari 2013

TATA TERTIB SISWA SD



TATA TERTIB SISWA
SD SWASTA MUHAMMADIYAH 02 PERDAGANGAN

KEWAJIBAN SISWA
Setiap siswa berkewajiban untuk :
1.      Datang ke sekolah 10 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Kegiatan belajar mengajar dimulai pada pukul 07. 15 WIB.
2.      Berdoa, sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran berakhir.
3.      Mengucapkan salam setiap masuk ke dalam kelas dan kantor.
4.      Meminta izin kepada guru yang berada di dalam kelas ketika masuk atau keluar kelas.
5.      Berpakaian bersih dan rapi.
6.      Memakai seragam sesuai dengan ketentuan sebagai berikut :
a.       hari Senin dan Selasa : seragam merah putih, memakai topi dan dasi bagi laki – laki, jilbab putih bagi perempuan, dilengkapi dengan atribut sekolah (simbol dan papan nama).
b.      hari Rabu dan Kamis : seragam batik, memakai celana merah, topi bagi laki – laki, rok merah, jilbab putih bagi perempuan, dilengkapi dengan attribute sekolah (simbol dan papan nama).
c.       hari Jum’at : seragam HW (kelas IV – VI), dilengkapi dengan seluruh atribut HW. Seragam merah putih (kelas I – III), memakai topi dan dasi bagi laki – laki, jilbab putih bagi perempuan, dilengkapi dengan atribut sekolah (simbol dan papan nama).
d.      hari Sabtu : seragam olah raga, memakai topi bagi laki – laki, jilbab putih bagi perempuan, dan dapat mengganti dengan seragam ekskul yang lain pada saat kegiatan ekskul yang dimaksud akan dimulai.
e.       jika ada pelajaran olahraga (PJOK), harus memakai seragam yang telah ditentukan terlebih dahulu, dan menggantinya dengan seragam olahraga pada saat jam pelajaran PJOK.
f.       Memakai sepatu sekolah berwarna hitam dan kaus kaki putih.
7.      Menjaga kebersihan, keindahan, ketertiban, dan keamanan sekolah.
8.      Bersikap sopan dan santun, saling menyayangi dan menghormati terhadap orangtua, guru, dan sesama teman dalam berbicara dan bertingkah laku.
9.      Mengikuti Upacara Penaikan Bendera (setiap hari Senin), baris – baris/ apel pagi (setiap hari), Bintal (setiap Jum’at), dan Senam (setiap Sabtu).
10.  Berbaris di depan kelas masing – masing, sebelum masuk ke dalam kelas ketika jam istirahat selesai.
11.  Meminta izin kepada Guru Petugas Piket, jika hendak keluar dari kompleks sekolah selama kegiatan belajar mengajar masih berlangsung.
12.  Memberikan surat izin/ permisi yang ditanda tangani orangtua, bila berhalangan hadir ke sekolah. Bila izin lebih dari 3 hari harus ada konfirmasi langsung kepada Wali Kelas. Bila sakit lebih dari 3 hari harus menyertakan surat keterangan sakit dari dokter.
13.  Membayar denda Rp. 1. 000,-/ hari, jika tidak hadir tanpa alasan atau tidak memberikan surat permisi/ izin dari orangtua. Selanjutnya akan menjadi kas kelas dan digunakan untuk keperluan kelas, seperti menambah iuran untuk menjenguk teman yang sakit, membeli alat – alat kebutuhan kelas, dan lain – lain.

LARANGAN SISWA
Setiap siswa dilarang untuk :
1.      Datang terlambat ke sekolah, dan membolos.
2.      Berkelahi, berbicara kasar, atau mengeluarkan kata – kata kotor kepada Guru dan sesama teman.
3.      Membuat keributan, dan mengganggu teman pada saat belajar di dalam kelas maupun di luar kelas.
4.      Melakukan tindakan asusila (tidak bermoral)/ pelecehan terhadap sesama teman, guru, di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.
5.      Keluar dari kelas dan atau kompleks sekolah tanpa izin dari guru/ guru piket/ PKS/ Kepala Sekolah.
6.      Merusak tanaman dan perabot/ inventaris sekolah.
7.      Mencoret meja, kursi dan dinding sekolah dengan pena, pinsil, tip–ex, atau benda lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan bentuk dan warna pada meja, kursi atau dinding sekolah.
8.      Menggunakan tip–ex, saat belajar di dalam kelas atau selama kegiatan belajar di sekolah.
9.      Membuang sampah di sembarang tempat. Jika 3 kali dengan sengaja membuang sampah di sembarang tempat akan dikenakan denda Rp. 500,- dan diserahkan kepada wali kelas sebagai kas kelas.
10.  Membawa handphone, buku atau gambar porno.
11.  Membawa rokok dan atau merokok di lingkungan sekolah.
12.  Membawa dan mengkonsumsi barang – barang yang termasuk dalam jenis – jenis NARKOBA.
13.  Memakai perhiasan emas atau barang – barang yang berharga (jika terjadi kehilangan, tidak menjadi tanggung jawab sekolah).
14.  Membawa benda – benda tajam atau benda – benda yang tidak berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, yang dapat membahayakan atau mengganggu keamanan sekolah.

SANKSI/ HUKUMAN :
Adapun bentuk sanksi/ hukuman yang akan diberikan bila  meranggar tata tertib di atas, antara lain:
1.      Penyitaan jika terdapat membawa benda – benda yang terlarang (benda yang disita sekolah dapat diambil kembali oleh orangtua siswa).
2.      Peringatan Lisan
3.      Peringatan tertulis dengan sepengatahuan orangtua (SP 1, 2, 3).
4.      Surat Panggilan orangtua/ peringatan konsultatif dengan orangtua.
5.      Skorsing.
6.      Pemberhentian dari sekolah (D O).

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts